REVIEW PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ASAM BASA PADA MATERI HIDROLISIS MELALUI METODE E-LEARNING

Authors

  • Aidatul Fitriyah UIN Walisongo
  • Afifatul Rizqiyatal UIN Walisongo
  • Sholahudin Arofi’i UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo

Keywords:

asam basa, e-learning, metode pembelajaran, praktikum hidrolisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan metode e-learning pada pembelajaran praktikum materi hidrolisis garam. Dalam penelitian ini, nantinya peneliti akan mengkaji beberapa literatur untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat dilakukan pelajar dalam melaksanakan praktikum hidrolisis garam. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran online berbasis e-learning yang diterapkan pada pembelajaran praktikum hidrolisis garam. Penelitian ini menghasilkan solusi alternatif terhadap kesenjangan pelaksanaan pembelajaran praktikum kimia pada era pandemi agar tetap berjalan dalam kondisi sulit seperti saat ini dengan mengedepankan penguasaan konsep ketrampilan secara kognitif maupun keterampilan dalam aspek lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peneliti memberikan solusi mengenai pelaksanaan pembelajaran praktikum yang mengalami kesenjangan dimasa pandemi covid-19, dengan melakukan pembelajaran praktikum dengan memanfaatkan media pembelajaran online berbasis e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Fitriyah, A. ., Rizqiyatal, A. ., Arofi’i, S. ., & Mulyanti, S. . (2023). REVIEW PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ASAM BASA PADA MATERI HIDROLISIS MELALUI METODE E-LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 100–105. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/13