PERAN KONSELOR DALAM MENYIAPKAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PARADIGMA KONSTRUKTIVISME

Authors

  • Moch. Syihabudin Nuha Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Malang
  • Nur Hidayah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Malang
  • Yuliati Hotifah Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Konselor Sekolah, Kurikulum Merdeka, Paradigma Konstruktivisme

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka secara terbatas dimulai pada tahun 2021 di sekolah penggerak yang berada di 111 kabupaten/kota di Indonesia. Hingga saat ini berdasarkan data pusat kurikulum dan pembelajaran (puskurjar) kemendikbudristekdikti. Pembelajaran intrakurikuler, kedua kokuriler dan ekstrakurikuler harus diterapkan pada kurikulum merdeka. Peran konselor atau guru BK akan semakin nyata karena dengan kepakarannya, guru BK dapat bekerja sama dengan guru kelas untuk menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan pada kurikulum merdeka ini. Tantangan dalam proses implementasi kurikulum merdeka berasal dari bagaimana guru membawa perubahan dalam kelas, dukungan kepada sekolah dalam pemberian fasilitas penunjang yang baik, baik yang bersifat materil maupun non-materil, hingga keragaman peserta didik dalam suatu kelas. Paradigma konstruktivisme adalah teori yang sifatnya membangun dari segi kemampuan, pemahaman dan dalam proses pembelajaran. Peran konselor ditinjau dari paradigma konstruktivisme adalah bagaimana konselor sekolah memberikan pemahaman akan pentingnya sifat membangun pada peserta didik, sehingga diharapkan keaktifan dari para peserta didik akan meningkat kecerdasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran konselor dalam menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan pada kurikulum merdeka, hal ini juga berkaitan dengan bagaimana meningkatkan mutu pendidikan untuk memandirikan peserta didik dalam pemahaman dan pembelajaran aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dan tinjauan konstruktivisme terhadap tantangan dalam kurikulum merdeka. Data dikumpulkan melalui penelusuran artikel, buku, dan sumber literatur terkait untuk memahami peran konselor yang ditinjau dari paradigma konstruktivisme pada kesiapan peserta didik dalam menghadapi tantangan kurikulum merdeka. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang cara apa saja yang dilakukan konselor untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tentangan kurikum merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Nuha, M. S., Hidayah, N., & Hotifah, Y. (2023). PERAN KONSELOR DALAM MENYIAPKAN PESERTA DIDIK MENGHADAPI TANTANGAN KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PARADIGMA KONSTRUKTIVISME. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 44–51. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/28