PROFIL PENGETAHUAN PENGELOLAAN SAMPAH SISWA DI MI CIKAWAO (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SALI AL-AITAAM)

Authors

  • Mamat Arohman Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sali Al-Aitaam
  • Marshanti L. Gratia Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sali Al-Aitaam
  • Dita Argarani Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sali Al-Aitaam

Keywords:

lingkungan, pengelolaan sampah

Abstract

Sampah adalah sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih dapat di daur ulang menjadi barang yang bernilai. Pemilahan sampah adalah tindakan penting yang dapat membantu mengurangi dampak negatif limbah terhadap lingkungan. Dalam pengembangan penelitian ini penulis ingin mengetahui profil pengetahuan pengelolaan sampah pada siswa di MI Cikawao. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk menjaring pengetahuan siswa terkait pengetahuan pengelolaan sampah pada siswa kelas 3-6 di MI Cikawao. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa; 1) siswa memberikan respon yang positif terkait pentingnya dalam pengelolaan sampah (90.80%), 2) siswa memiliki pengetahuan terkait perbedaan jenis sampah organik dan organik sebanyak 68.97% dan sisanya belum mengetahui perbedaan sampah organik dan anorganik sebanyak 32.76%, 3) siswa memiliki motivasi yang positif untuk menjaga lingkungan (96.6%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Arohman, M., Gratia, M. L., & Argarani, D. (2023). PROFIL PENGETAHUAN PENGELOLAAN SAMPAH SISWA DI MI CIKAWAO (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SALI AL-AITAAM). Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 60–64. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/30