PENGARUH GAMIFIKASI TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH BAHASA ARAB
Keywords:
Pembelajaran Bahasa, Maharah, Gamifikasi, Efek PositifAbstract
Pembelajaran bahasa dirancang dengan tujuan agar peserta didik dapat memperoleh keempat maharah atau keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Maka diperlukan berbagai metode dalam pembelajaran keterampilan bahasa Arab untuk mencapai tujuan tersebut secara optimal. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian studi literatur yang memaparkan data deskriptif dari sejumlah temuan penelitian tentang pengalaman guru dan penelitian empiris yang terkait dengan gamifikasi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat efek positif peningkatan mutu proses dan penguasaan peserta didik terhadap maharah bahasa Arab. Tingkat keterlibatan siswa seperti peningkatan kesenangan, motivasi yang lebih tinggi, dan keterlibatan peserta didik yang lebih aktif dalam pembelajaran menjadi indikator mutu proses, sementara penguasaan keterampilan berbahasa dicerminkan dari kemampuan siswa dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis berbicara selama proses belajar mengajar sampai tercapainya tujuan pembelajaran. Pentingnya sasaran, peraturan, teknik, dan mekanisme gamifikasi menunjukkan dampak dinamis pada peserta didik. Hasil penelitian ini akan memberikan peluang untuk penelitian lebih lanjut mengenai desain pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan gamifikasi, yang memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam konteks pendidikan bahasa Arab.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al Walid Syamsudin Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.