KECENDERUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KIMIA SISWA SMA : REVIEW

Authors

  • Ardiansyah Program StudiPendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mardhotillah Program StudiPendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sherin Aulia Rahmadani Program StudiPendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ira Mahartika Program StudiPendidikan Kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Project Based Learning, Pembelajaran Kimia SMA, PRISMA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau kecenderungan model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Kimia Siswa SMA. Metode yang digunakan dalam studi literatur ini adalah metode PRISMA yang mengkaji artikel tentang kecenderungan model Project BasedLearning terhadap kemampuan Kimia Siswa SMA yang terbit dalam 5 tahun terakhir (2018- 2023). Pencarian artikel menggunakan bantuan Publish or Perish yang hanya dilakukan pada database Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah “Pembelajaran berbasis proyek ANDkimia SMA”, dan “Project Based Learning AND hasil pembelajaran kimia”. Batasan masalah studi literatur ini dibatasi pada artikel Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris yang merupakan hasil penelitian empiris, serta penggunaan metode Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan Kimia Siswa SMA. Hasil penelitian literatur ini adalah 1) Diketahui pengaruh model PJBL dalam meningkatkan pembelajaran kimia 2) Diketahui perbandingan pengaruh model PJBL dalam meningkatkan pembelajaran kimia. Dengan adanya penggunaan model Project Based Learning ini mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Ardiansyah, Mardhotillah, Rahmadani, S. A. ., & Mahartika, I. . (2023). KECENDERUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KIMIA SISWA SMA : REVIEW. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 102–118. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/36