PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI (3D) BERBASIS PRINSIP RECYCLE PADA KONSEP TATA SURYA

Authors

  • Witri Lukman MahasiswaProgram Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Nurdin A Rahman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Rahim Achmad Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Fatma Hamid Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Astuti Salim Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun

Keywords:

Pengembangan media pembelajaran, Recycle, Tata Surya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, untuk memahami desain media pendidikan tiga dimensi (3D) yang berpusat pada prinsip daur ulang, dengan fokus khusus pada konsep tata surya; dan kedua, untuk mengidentifikasi kekurangan dalam pengembangan media pembelajaran tiga dimensi (3D) berdasarkan prinsip daur ulang yang terkait dengan konsep tata surya. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4D, yang mencakup tahap-tahap define (menetapkan), design (merancang), disseminate (mengintegrasikan), dan develop (mengembangkan). Namun, penelitian ini dibatasi hanya pada tingkat identifikasi. Fase pengembangan melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Proses pengumpulan data, dengan menggunakan lembar validasi penelitian, menghasilkan produk media pembelajaran 3D berbasis recycle (konsep daur ulang) yang terkait dengan konsep tata surya. Evaluasi kelayakan media pembelajaran tiga dimensi (3D) berdasarkan prinsip recycle (daur ulang) yang terkait dengan konsep tata surya menunjukkan kesesuaian untuk pengembangan lebih lanjut. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 77%, sedangkan ahli media menilai sepenuhnya layak sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Lukman, W. ., Rahman, N. A. ., Achmad, R. ., Hamid, F. ., & Salim, A. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI (3D) BERBASIS PRINSIP RECYCLE PADA KONSEP TATA SURYA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 150–157. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/40