PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN RAMBUTAN 03 PAGI

Authors

  • Tri Isti Hartini Program Studi Pendidikan Fisika, Univeristas Muhammadiyyah Prof. DR. Hamka
  • Siti Nur Khamdiah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyyah Prof. DR. Hamka

Keywords:

Model Pembelajar Inkuiri Berbasis Video, Minat Belajar Siswa

Abstract

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptifkuantitatif dan analisis korelasi. Sampel dari penelitian ini adalah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah yaitu melalui angket dan observasi yang di berikan kepada responden 15 butir soal untuk variabel bebas (X) dan 15 butir untuk variabel terikat (Y). Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis video interaktif terhadap minat belajar IPA siswa kelas V SDN Rambutan 03 Pagi. Dengan menggunakan perhitungan angket yang telah dibagikan kepada 26 siswa kelas V 3 di SDN Rambutan 03 Pagi dengan analisis yang menggunakan product moment. Dengan memperhatikan besarnya Rxy yaitu 0,745 yang berada 0,60 hingga 7,99 maka dapat dikatakan tingkat hubungan korelasi kuat. perhitungan pengujian signifikan dapat diketahui nilai thit (0,745) ternyata lebih besar jika dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf 5% yaitu signifikan sebesar 0.3882. ternyata nilai thit lebih besar daripada nilai ttabel maka hipotesa anternatif (Hₐ) diterima dan nilai nihil (HO) ditolak. Berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan Y. Berdasarkan hasil penelitian tersbut di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunakan media pembelajaran vdeo berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Rambutan 03 Pagi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Hartini, T. I. ., & Khamdiah, S. N. . (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS VIDEO INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN RAMBUTAN 03 PAGI. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 173–181. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/42