PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF (MVTIMPI) UNTUK MENDUKUNG DIFERENSIASI KONTEN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) FISIKA

Authors

  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Nurdin Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun
  • Nurlaela Muhammad Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Khairun

Keywords:

MVTIMPI, Diferensiasi konten, LMS, PPG

Abstract

Keberagaman mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bidang studi fisika perlu diimbangi dengan keberagaman sajian konten bahan ajar pada learning management system (LMS) PPG. Salah satu materi dalam struktur kurikulum program studi PPG dalam jabatan 2023 (K1) adalah materi pengembangan perangkat pembelajaran (desain pembelajaran inovatif). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan melibatkan 10 mahasiswa PPG dalam jabatan kategori 1 tahun 2023 bidang studi fisika pada salah satu LPTK di kota Ternate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial implementasi model pembelajaran inovatif (MVTIMPI) dapat digunakan sebagai salah satu bentuk diferensiasi konten LMS PPG khususnya pada materi pengembangan perangkat pembelajaran (desain pembelajaran inovatif). Kemampuan mahasiswa PPG dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan rata-rata 86 untuk siklus kesatu dan 90 untuk siklus kedua. Sebanyak 80% mahasiswa PPG mengalamai peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Saprudin, S., Rahman, N. A. ., & Muhammad, N. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF (MVTIMPI) UNTUK MENDUKUNG DIFERENSIASI KONTEN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) FISIKA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 211–217. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/48