PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS XI UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Feby Yolan Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda
  • Thoha Firdaus Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda
  • Widayanti Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda
  • Arini Rosa Sinensis Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Nurul Huda

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Modul Berbasis Android, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan E-Modul Interaktif Fisika Pada Pokok Pembahasan Materi Pemanasan Global; 2) Mengetahui Minat Belajar Siswa di MAN 1 OKU Timur Terhadap Materi Pemanasan Global Setelah Menggunakan E-Modul Interaktif Fisika Berbasis Android Pada Pokok Pembahasan Materi Pemanasan Global. Penelitian ini merupakan jenis  penelitian pengembangan (Research and Development)  yang mengadaptasi model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta diimplementasikan kepada 33 siswa kelas XI MAN OKU Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran E-Modul Berbasis Android berdasarkan penilaian: (1) ahli materi diperoleh  rata-rata 86,67% termasuk kategori “Sangat Valid” (2) ahli media diperoleh rata-rata 82,77%. termasuk kategori “Sangat Valid”. Hasil analisis e-modul interaktif fisika materi pemanasan global berbasis android dalam membangun minat belajar siswa dengan memberikan angket kepada siswa kelas XI MAN 1 OKU Timur dan telah memenuhi rata-rata nlai yaitu 81,98% termasuk kategori “Sangat Tinggi”.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Yolan, F. ., Firdaus, T., Widayanti, & Sinensis, A. R. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID MATERI PEMANASAN GLOBAL DI KELAS XI UNTUK MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA . Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 218–225. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/49