PEMANFAATAN EDU GAME CLASSCRAFT FABUBI DALAM KIMIA HIJAU BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGUATKAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA KELAS X-G SMAN 2 KOTA TERNATE

Authors

  • Iriany SMAN 2 Kota Ternate

Keywords:

Keterampilan Numerasi, Project Based Learning, Kimia Hijau, Edu Game Classcraft Fabubi

Abstract

Pemanfaatan Edu Game Classcraft Fabubi dalam Kimia Hijau berbasis Kearifan Lokal untuk menguatkan keterampilan numerasi siswa Kelas X-G SMAN 2 Kota Ternate. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan numerasi siswa kelas X G melalui pemanfaatan Edu Game Classcraft Fabubi pada topik Kimia Hijau dalam pembelajaran kimia. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Ternate dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Pembelajaran kimia hijau ini menerapkan pembelajaran project based learning dengan sintaks pembelajaran 1) menyajikan masalah kontekstual 2) Merancang ide karya; 3) Menyusun jadwal proyek ;4) Melaksanakan proyek; 5) Monitoring proyek ;6) Presentasi dan Perbaikan Karya serta 7) Publikasi karya. Pada awal pembelajaran siswa diberikan tes awal untuk mengetahui level pemahaman siswa tentang konsep kimia hijau. Pada tahap perencanaan kegiatan pembelajaran dilakukan berbasis proyek, dengan fokus pada pemahaman konsep siswa tentang pengertian dan pentingnya kimia hijau dan pengaplikasiannya dalam proyek-proyek mini yang relevan untuk menguatkan numerasi anak. Proses pembelajaran melibatkan siswa dalam perencanaan, desain, dan pelaksanaan proyek, dengan pengamatan terus-menerus melalui kegiatan metode ilmiah dengan bantuan Edu Game Classcraft Fabubi. Selain itu kegiatan pengenalan simbol unsur kimia, reaksi kimia dan persamaan reaksi diintegrasikan dalam aktivitas riset sumber belajar kimia hijau dan observasi ke lapangan. Kegiatan ini diakhiri dengan refleksi. Kegiatan pembelajaran pada Siklus II penelitian diawali dengan aktivitas siswa melakukan refleksi diri tentang apa yang telah dilakukan di tahap siklus I. Siswa merencanakan proyek implementasi prinsip-prinsip kimia hijau untuk lebih menguatkan keterampilan numerasi lintas mata pelajaran untuk menguatkan pemahaman siswa melalui keterampilan numerasi . Evaluasi hasil belajar siswa dilakukan secara formatif dan sumatif dengan tes kognitif dan penilaian proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari siklus I sebesar 67,5% dan meningkat sebesar 88,9 % pada siklus II melalui praktek pembelajaran kimia berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Iriany. (2023). PEMANFAATAN EDU GAME CLASSCRAFT FABUBI DALAM KIMIA HIJAU BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGUATKAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA KELAS X-G SMAN 2 KOTA TERNATE. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 233–240. Retrieved from http://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/51