ANALISIS POLA PEMBELAJARAN ALKANA DAN SIKLOALKANA PADA JENJANG SMA

Authors

  • Fitri Aenulyaqin UIN Walisongo
  • Laila Isroatul Azizah UIN Walisongo
  • Miftahus Sa'adah UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo

Keywords:

Alkana, hidrokarbon, media pembelajaran, model pembelajaran, sikloalkana

Abstract

Hidrokarbon adalah materi kimia dasar yang patut dikuasai oleh peserta didik untuk dapat menguasai materi kimia selanjutnya yang berhubungan dengan senyawa karbon. Kesulitan siswa dalam memahami konsep materi hidrokarbon akan mempengaruhi pemahaman siswa pada materi selanjutnya, dan akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk  menganalisis pola pembelajaran yang tepat dalam materi alkana dan sikloalkana pada jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pola pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pemahaman konsep materi alkana dan sikloalkana, yaitu terletak pada media dan model pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan diantaranya angket, mind map, LKPD, dan Augmented Reality (AR). Model pembelajaran yang digunakan antara lain, SFE  (Student Facilitator and Explaining), Permainan kimia estafet. Pola pembelajaran tersebut sudah dilakukan uji validitas untuk digunakan dalam pembelajaran pada jenjang SMA. Model pembelajaran melalui permainan kimia estafet dan media AR serta Mind Maping dinilai lebih tepat digunakan dalam pembelajaran alkana dan sikloalkana pada jenjang SMA karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepratisan dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Aenulyaqin, F. ., Azizah, L. I. ., Sa’adah, M. ., & Mulyanti, S. . (2023). ANALISIS POLA PEMBELAJARAN ALKANA DAN SIKLOALKANA PADA JENJANG SMA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 80–87. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/11