ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN TELAAH LITERATUR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALKENA DAN ALKUNA

Authors

  • Siti Rahmawati UIN Walisongo
  • Eka Wahyu Maharani UIN Walisongo
  • Indhana Ranu Hidayah UIN Walisongo
  • Dian Damayanti UIN Walisongo
  • Muhammad Fikri Husni Mubarok UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo

Keywords:

alkena dan alkuna, model pembelajaran, media pembelajaran

Abstract

Pemahaman mengenai konsep alkena dan alkuna pada materi hidrokarbon perlu dibutuhkan kemampuan analisis dan identifikasi tingkat tinggi. Konsep alkena dan alkuna termasuk prinsip ilmu kimia yang kebanyakan bersifat abstrak, sehingga memerlukan sebuah model dan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa model dan media pembelajaran guna menunjang hasil belajar dan pengetahuan siswa terhadap materi alkena dan alkuna. Metode yang digunakan agar lebih memudahkan siswa dalam memahami materi alkena dan alkuna. Penelitian ini merupakan literature review yang dimulai dengan pengumpulan artikel, pengelompokkan data, analisa dan membuat ringkasan dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari artikel jurnal baik skala nasional maupun internasional. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan adalah problem based learning, problem solving, pendekatan aktivitas aesop’s, teams games tournament dan tes diagnostik three-tier multiple choice. Model pembelajaran tersebut terbukti dapat menunjang keberhasilan siswa dalam memahami konsep hidrokarbon pada materi terutama alkena dan alkuna. Serta media yang tepat ketika diaplikasikan dalam pembelajaran alkena dan alkuna adalah logbook chemistry (kartu destinasi), molymod (alat peraga) dan LKS berbasis drill and practice yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Rahmawati, S. ., Maharani, E. W. ., Hidayah, I. R. ., Damayanti, D. ., Mubarok, M. F. H. ., & Mulyanti, S. . (2023). ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN TELAAH LITERATUR TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALKENA DAN ALKUNA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 106–113. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/14