PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BUFFER BERDASARKAN TELAAH LITERATUR

Authors

  • Putri Farhah Kamilah UIN Walisongo
  • Diah Inggrita UIN Walisongo
  • Sri Endah Umiyati UIN Walisongo
  • Silvia Afriyanti UIN Walisongo
  • Noor Izzatusa’adah UIN Walisongo
  • Aura Asla Nur Fajri UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo

Keywords:

larutan penyangga, media pembelajaran, model pembelajaran

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan bagi siswa dalam pembelajaran kimia. Materi larutan penyangga yang banyak mengandung konsep abstrak sehingga membuat kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam memahaminya sehingga banyak terjadi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa model dan media pembelajaran terhadap pemahaman siswa SMA pada materi larutan penyangga. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode studi literatur, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dua puluh jurnal yang telah dipublikasikan lima tahun terakhir mengenai permasalahan dan penyelesaian masalah pembelajaran siswa SMA pada materi larutan penyangga. Metode serta model pembelajaran yang efektif dan dapat menurunkan miskonsepsi siswa dalam memahami larutan penyangga diantaranya dengan melakukan metode ekperimen dan multiple representasi. Dua metode ini cukup efektif untuk merumuskan dan menemukan konsep sehingga dapat menurunkan miskonsepsi pada larutan penyangga. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah 1) Problem based Learning 2) Predict Observe Explain 3) Guided Discovery Learning 4) Flipped Classroom. Empat model pembelajaran terbilang dapat membantu siswa dalam memahami materi larutan penyangga. Selain metode dan model pembelajaran terdapat juga media untuk menunjang proses belajar siswa. Media yang dapat digunakan siswa dalam mempelajari materi laritan penyangga adalah dengan menggunakan modul inquiri terbimbing, LKS serta penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Kamilah, P. F. ., Inggrita, D. ., Umiyati, S. E. ., Afriyanti, S. ., Izzatusa’adah, N. ., Fajri, A. A. N. ., & Mulyanti, S. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BUFFER BERDASARKAN TELAAH LITERATUR . Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 114–122. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/15