REVIEW LITERATUR PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON
Keywords:
Model Pembelajaran, Perangkat pembelajaran, HidrokarbonAbstract
Pembelajaran materi hidrokarbon sering mengalami miskonsepsi. Konsep materi baik secara makroskopis, sub mikroskopis, dan mikroskopis sangat dibutuhkan dalam materi hidrokarbon. Model pembelajaran pada materi hidrokarbon biasanya berupa ceramah. Namun model pembelajaran tersebut sangat monoton dan kurang komunikasi dua arah. Ditambah lagi tidak ada perangkat pemerintahan yang bisa mendukung partisipasi dan antusiasme siswa, sehingga banyak miskonsepsi terhadap materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah model dan perangkat pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan pemahaman konsep materi hidrokarbon. Berdasarkan hasil review literatur diperoleh beberapa alternatif model dan perangkat pembelajaran yang dapat mendorong antusiasme siswa dalam mempelajari materi hidrokarbon. Penerapan model pembelajaran student center adalah salah satu solusi yang tepat dalam membangun antusiasme dan kolaborasi siswa. Kemudian dengan didukung beberapa perangkat pembelajaran dan teknologi terkini dapat memudahkan siswa untuk menggambarkan materi senyawa hidrokarbon. Sehingga dari hasil telaah berbagai penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran materi hidrokarbon akan lebih efektif ketika siswa diberi kesempatan untuk aktif dan berdiskusi. Selain itu, dengan bantuan beberapa perangkat pembelajaran siswa menjadi lebih antusias dan dapat memahami konsep materi hidrokarbon baik secara makroskopis, sub mikroskopis, dan mikroskopis.