EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PADA MATERI STOIKIOMETRI: REVIEW LITERATUR

Authors

  • Fitria Salsabila Bukhori Muslim UIN Walisongo
  • Faisal Amin UIN Walisongo
  • Sri Mulyanti UIN Walisongo

Keywords:

Stoichiometr, Learning Methods

Abstract

Untuk menghadapi era globalisasi diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Lembaga pendidikan berperan penting dalam pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Sehingga diperlukan peningkatan mutu dan kualitas dalam pendidikan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai ilmu sehingga dapat berbuat sesuatu. Dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa diperlukan suatu metode pembelajaran agar materi yang diberikan dapat dipahami dan dikuasai oleh siswa, terutama pada materi stoikiometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran mana yang efektif untuk diterapkan pada materi pembelajaran stoikiometri. Penelitian ini menerapkan metode penelitian desain literatur melalui pencarian berbagai artikel jurnal pada media daring google scholar, dengan kata kunci stoichiometry, dan learning methods. Hasil penelitian menunjukan bahwa beberapa metode pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, prestasi belajar dan hasil belajar siswa. Namun pada metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) tidak memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Muslim, F. S. B. ., Amin, F. ., & Mulyanti, S. . (2023). EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN PADA MATERI STOIKIOMETRI: REVIEW LITERATUR. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 131–135. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/18