ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR DALAM MATERI ASAM BASA
Keywords:
Asam-Basa, Model PembelajaranAbstract
Mata pelajaran kimia seringkali dianggap sulit oleh siswa, karena menyangkut reaksi-reaksi kimia dan perhitungan serta menyangkut konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga banyak diantara mereka yang kesulitan dalam mempelajarinya. Materi asam basa merupakan salah satu materi dalam kurikulum kimia SMA yang harus dipelajari dan dipahami oleh siswa. Pedoman atau langkah pembelajaran yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi di dalam kelas disebut sebagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa model pembelajaran terhadap pemahaman siswa dan hasil belajar siswa kelas XI SMA pada materi asam basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur dan deskriptif kualitatif. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah menggumpulkan berbagai jurnal model pembelajaran asam-basa berskala nasional yang telah dipublikasikan dengan rentang waktu antara tahun 2018-2022. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Problem Based Learning (PBL), Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT), Student Teams Achievenment Divisions (STAD), Science, Technology, Engineering, and Mathematic (STEM), dan Project Based Learning (PjBL)