REVIEW LITERATUR: ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA
Keywords:
ikatan kimia, media pembelajaran, pemahaman konsepAbstract
Materi ikatan kimia bersifat abstrak sehingga para peserta didik banyak yang kesulitan dalam memahami materi ikatan kimia. Media pembelajaran menjadi salah satu alat bantu yang tepat untuk memahami materi ikatan kimia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pentingnya media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian review literatur. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah, terdapat beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangun pemahaman konsep siswa terhadap materi ikatan kimia. Media tersebut peneliti kategorikan menjadi dua yaitu: media pembelajaran dengan Teknologi dan media pembelajaran tanpa teknologi. Media pembelajaran yang dapat digunakan pada materi ikatan kimia diantaranya E-modul interaktif, animasi submikroskopis, aplikasi penyusunan ikatan kimia, short message guided, mind mapping, website, permainan chemistry adventure, LKS berorientasi blended learning, chamlife-comic, permainan ludo dan bonding board. Media media tersebut sudah memenuhi uji kelayakan dan validasi untuk digunakan dalam pembelajaran dan dalam menunjang pemahaman konsep siswa terhadap materi ikatan kimia. Setelah di lakukan telaah terhadap berbagai penelitian terhadap pemahaman konsep materi ikatan kimia. Dapat disimpulkan bahwa dalam menumbuhkan pemahaman konsep siswa pada materi ikatan kimia dapat menggunakan berbagai macam jenis media pembelajaran baik berbasis teknologi maupun non teknologi.