TREN PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN TERMOKIMIA DALAM WAKTU LIMA TAHUN TERAKHIR
Keywords:
Media, Model pembelajaran, AssessmentAbstract
Munculnya pandemi covid-19 merevolusi model pembelajaran dan education technology dengan berfokus pada konektivitas, keserbagunaan, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada pembelajaran kimia materi Termokimia cenderung dianggap sulit oleh siswa sebab berkaitan dengan fisika, dengan beberapa prinsip yang ditulis dalam terminologi matematika, dan melibatkan penalaran abstrak dan pemahaman yang kompleks, mengharuskan siswa memiliki pemahaman konseptual dan algoritmik. Penelitian ini menggunakan jenis metode riview literatur. Berdasarkan hasil analisis 36 jurnal didapatkan beberapa membahas tentang pengembangan media, assessment, dan model pembelajaran. Dalam pengembangan media didapatkan 7 macam media yaitu : media berbasis android, video, software, modul, permainan, komik, dan buletin. Hasil uji kelayakan terhadap semua media tersebut didapatkan bahwa semua media tersebut layak digunakan. Selain media, juga ditemukan model pembelajaran yang diterapkan pada siswa berjumlah tujuh macam yaitu : cooperative learning, contextual teaching and learning, discovery learning, science technology engineering math (STEM), Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Problem Based Learning (PBL), Student Team Achievement Division (STAD), blanded learning. Dari penerapan semua model pembelajaran yang dilakukan didapatkan bahwa model tersebut sesuai untuk diterapkan pada materi termokimia. Dan juga ditemukan 2 jenis assesment yaitu Four-tier multiple choice Diagnostic test dengan hasil tes yang didapatkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi. Sedangkan untuk Assessment based on HOTS, dilakukan beberapa kali penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa assessment tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi termokimia. Sehingga dapat simpulkan bahwa sedang terjadi modernisasi pendidikan dengan diterapkannya berbagai macam model, assessment, dan media pembelajaran.