PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MAS PERSIS SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Model Problem Based Learning, Minat Belajar, Kerajaan Islam di IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) khususnya materi Kerajaan Islam di Indonesia pada peserta didik kelas XII di MAS Persis Sukabumi tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah penerapan Model Problem Based Learning (PBL), sedangkan variabel terikat adalah minat belajar peserta didik terhadap materi Kerajaan Islam di Indonesia. Penelitian dilakukan di MAS Persis Sukabumi dengan seluruh peserta didik kelas XII sebagai populasi penelitian. Sampel penelitian menggunakan teknik sample jenuh, karena peserta didik kelas XII hanya sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penelitian dilakukan, minat belajar SKI peserta didik di MAS Persis Sukabumi masih rendah. Pada siklus pertama, minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan signifikan pada semua indikator. Indikator perasaan senang meningkat menjadi 86%, ketertarikan menjadi 90%, perhatian mencapai 92%, dan keterlibatan/partisipasi mencapai 82%. Rata-rata nilai ketuntasan klasikal dari hasil angket pada siklus ini adalah 87%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap materi Kerajaan Islam di Indonesia dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas XII MAS Persis Sukabumi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ady Fauzi Rahmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.