SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Shofa Hana Kamila Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Model Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Systematic Literature Review

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan berpikir yang penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika perlu ditingkatkan, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Penelitian-penelitian mengenai model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika telah banyak dilakukan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pencarian data artikel jurnal nasional terakreditasi sinta menggunakan database Google Scholar melalui aplikasi Publish or Perish. Berdasarkan hasil pencarian dan analisis pada 15 artikel yang relevan, disimpulkan bahwa 1) model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis diantaranya; Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Creative Problem Solving (CPS), Means Ends Analysis (MEA), Reciprocal Teaching, dan sebagainya 2) penerbitan artikel terkait suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis didominasi pada tahun 2020, jurnal yang terakreditasi Sinta 4, dan jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif, serta cenderung dilakukan pada jenjang SMP dan SMA/SMK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Kamila, S. H. ., & Waluya, S. B. . (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 8–21. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/23