TINJAUAN HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA
Keywords:
self efficacy, berfikir kreatif, PRISMAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau hubungan antara self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam suatu pembelajaran di tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam literatur review ini adalah metode Preferred Reporting Item for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) yang mengkaji artikel tentang self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa SMA yang terbit dari tahun 2017-2023. Pencarian hanya dilakukan melalui database google schoolar dengan menggunakan dengan kata kunci “self efficacy AND creative thinking” dan “self efficacy AND berfikir kreatif”. Artikel yang dianalsis dibatasi hanya pada artikel jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa inggris yang merupakan hasil penelitian empiris tentang self efficacy dan berfikir kreatif siswa SMA. Hasil analisis terhadap 22 artikel jurnal menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran yang berfokus pada mata pelajaran kimia, matematika, fisika, dan biologi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.