TINJAUAN HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah Program Studi Pendidikan kimia , Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hikmahtul Azmi Program Studi Pendidikan kimia , Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurul Oktaviani Herlis Program Studi Pendidikan kimia , Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sofiyanita Program Studi Pendidikan kimia , Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

self efficacy, berfikir kreatif, PRISMA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meninjau hubungan antara self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam suatu pembelajaran di tingkat SMA. Metode yang digunakan dalam literatur review ini adalah metode Preferred Reporting Item for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) yang mengkaji artikel tentang self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa SMA yang terbit dari tahun 2017-2023. Pencarian hanya dilakukan melalui database google schoolar dengan menggunakan dengan kata kunci “self efficacy AND creative thinking” dan “self efficacy AND berfikir kreatif”. Artikel yang dianalsis dibatasi hanya pada artikel jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa inggris yang merupakan hasil penelitian empiris tentang self efficacy dan berfikir kreatif siswa SMA. Hasil analisis terhadap 22 artikel jurnal menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara self efficacy dengan kemampuan berfikir kreatif siswa SMA pada pembelajaran yang berfokus pada mata pelajaran kimia, matematika, fisika, dan biologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Ardiansyah, A., Azmi, H. ., Herlis, N. O. ., & Sofiyanita. (2023). TINJAUAN HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 79–86. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/33