PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI SMA
Keywords:
Problem Based Learning, Discovery Learning, Guided Inquiry Based, Cooperative, Project Based LearningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kimia terhadap pemahaman siswa di SMA. Studi literatur ini menggunakan metode Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA) yang mengkaji 30 jurnal tentang model pembelajaran kimia yang terbit dalam 6 tahun terakhir (2018-2023). Pencarian jurnal dilakukan pada database Google Schoolar. Berdasarkan literatur jurnal yang kami peroleh, model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL), Discvery Learning, Guided Inquiry Based, Cooperative, dan Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa; 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (88,89%), 2) model pembelajaran Discovery Learning (82,42%), 3) model pembelajaran Guided Inquiry Based (86,03%), 4) model pembelajaran Cooperative (80,89%), 5) model pembelajaran Project Based Learning (83,13%). Model pembelajaran kimia yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan persentase 88,89%. Keberhasilan proses pembelajaran kimia dapat dilihat dari pemahaman siswa dalam menggunakan model pembelajaran terutama pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) .
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heppy Okmarisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.