PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI SMA

Authors

  • Miterianifa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Najla Athifah Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Jesicha Leani Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Heppy Okmarisa Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Problem Based Learning, Discovery Learning, Guided Inquiry Based, Cooperative, Project Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kimia terhadap pemahaman siswa di SMA. Studi literatur ini menggunakan metode Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA) yang mengkaji 30 jurnal tentang model pembelajaran kimia yang terbit dalam 6 tahun terakhir (2018-2023). Pencarian jurnal dilakukan pada database Google Schoolar. Berdasarkan literatur jurnal yang kami peroleh, model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL), Discvery Learning, Guided Inquiry Based, Cooperative, dan Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa; 1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (88,89%), 2) model pembelajaran Discovery Learning (82,42%), 3) model pembelajaran Guided Inquiry Based (86,03%), 4) model pembelajaran Cooperative (80,89%), 5) model pembelajaran Project Based Learning (83,13%). Model pembelajaran kimia yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan persentase 88,89%. Keberhasilan proses pembelajaran kimia dapat dilihat dari pemahaman siswa dalam menggunakan model pembelajaran terutama pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Miterianifa, Athifah, N. ., Leani, J. ., & Okmarisa, H. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DI SMA. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 87–93. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/34