PENERAPAN PERMAINAN TIM DALAM MENGATASI RINTANGAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X MAN 1 KOTA TERNATE

Authors

  • Andi Agustan Arifin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Khairun
  • Haryati Program Studi PIAUD IAIN Ternate
  • M.Irfan Hasanuddin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Khairun
  • Rita Puspita MAN 1 Kota Ternate

Keywords:

Permainan tim, Rintangan, Komunikasi

Abstract

Penelitian ini menelaah penerapan permainan tim dalam mengatasi rintangan komunikasi Siswa Di MAN 1 Kota Ternate. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran rintangan komunikasi yang dialami siswa di MAN 1 Kota Ternate (2) Apakah penerapan permainan tim dapat mengatasi rintangan komunikasi siswa di MAN 1 Kota Ternate. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran rintangan komunikasi siswa di MAN 1 Kota Ternate (2) Untuk mengetahui penerapan permainan tim dapat mengatasi rintangan komunikasi siswa di MAN 1 Kota Ternate. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 40 subjek penelitian, masing 20 subjek untuk eksperimen dan 20 subjek untuk kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas X MAN 1 Kota Ternate pada tahun ajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran rintangan komunikasi menunjukkan mengalami penurunan atau berada pada kategori rendah (2) penerapan perminan tim memiliki pengaruh yang nyata dan positif dalam mengatasi rintangan komunikasi siswa di MAN 1 Kota Ternate.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Arifin, A. A. ., Haryati, Hasanuddin, M. ., & Puspita, R. . (2023). PENERAPAN PERMAINAN TIM DALAM MENGATASI RINTANGAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X MAN 1 KOTA TERNATE. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 141–149. Retrieved from https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/39