PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3 DIMENSI (3D) BERBASIS PRINSIP RECYCLE PADA KONSEP TATA SURYA
Keywords:
Pengembangan media pembelajaran, Recycle, Tata SuryaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, untuk memahami desain media pendidikan tiga dimensi (3D) yang berpusat pada prinsip daur ulang, dengan fokus khusus pada konsep tata surya; dan kedua, untuk mengidentifikasi kekurangan dalam pengembangan media pembelajaran tiga dimensi (3D) berdasarkan prinsip daur ulang yang terkait dengan konsep tata surya. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan 4D, yang mencakup tahap-tahap define (menetapkan), design (merancang), disseminate (mengintegrasikan), dan develop (mengembangkan). Namun, penelitian ini dibatasi hanya pada tingkat identifikasi. Fase pengembangan melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Proses pengumpulan data, dengan menggunakan lembar validasi penelitian, menghasilkan produk media pembelajaran 3D berbasis recycle (konsep daur ulang) yang terkait dengan konsep tata surya. Evaluasi kelayakan media pembelajaran tiga dimensi (3D) berdasarkan prinsip recycle (daur ulang) yang terkait dengan konsep tata surya menunjukkan kesesuaian untuk pengembangan lebih lanjut. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 77%, sedangkan ahli media menilai sepenuhnya layak sebesar 80%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurdin A Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.