PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA
Keywords:
ADDIE, Bahan Ajar E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, Tekanan ZatAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar produk E-LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan zat yang valid dan praktis. Selain untuk menghasilkan bahan ajar tujuan lain penelitian ini adalah mengetahui respon pengguna setelah menggunakan E-LKPD yang dikembangkan, dan mengukur keefektifan E-LKPD terhadap hasil dan minat belajar siswa. Pengembangan bahan ajar E-LKPD diadopsi dari ADDIE yaitu, Observation, Manipulation, Generalization, Verification, serta Aplication. Karena dengan adanya langkah Developmen tersebut tujuan penelitian dapat tercapai. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Dari hasil penelitian menunjukan hasil penelitian diperoleh (1) validasi media rata-rata hasil penilaian sebesar 4,62 “sangat valid”. (2) validasi materi rata-rata hasil penilaian sebesar 4,71 “sangat valid”. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan tahap penelitian dan pengembangan yang sudah dilakukan. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh dari nilai postess Kelas VIII dengan Rata-rata 78,725 dari jumlah peserta didik sebanyak (20 siswa). Adapun minat belajar siswa dilihat dari kuesioner angket dengan persentase 100% sebanyak (20 siswa) dengan respon (YA) semua. Sehingga, bahan ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada materi Tekanan Zat dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas VIII SMP NU Bumirahayu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arini Rosa Sinensis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.