PRAKTIK BAIK MENGGUNAKAN METODE STAR PADA PEMBELAJARAN DIGITAL SIMULASI PHET MATERI RANGKAIAN LISTRIK DI SMPN 01 BELITANG
Keywords:
Situation, Task, Action, ResultAbstract
Praktik baik adalah konsep yang digunakan untuk merujuk pada praktik-praktik atau prosedur-prosedur yang telah terbukti efektif dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks penerapan Metode STAR, best practice mengacu pada praktik-praktik yang telah teruji dan terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STAR (Situation, Task, Action, dan Result). Tujuan makalah ini untuk membahas mengenai praktik baik dalam pembelajaran digital menggunakan simulasi PhET terhadap peserta didik yang difokuskan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi rangkaian listrik sederhana. Tempat pelaksanaan dilakukan di SMP Negeri 01 Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Jumlah peserta didik terlibat berjumlah 32 yang berasal dari kelas IX. Hasil yang didapatkan Metode STAR digunakan untuk praktik baik telah berhasil memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh guru ilmu pengatahuan alam, dimana situasi peserta didik memperlihatkan mereka memiliki kesulitan dalam memahami materi rangkaian arus searah. Akan tetapi, hal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw dan pembelajaran digital. Dalam pelaksanaan guru bersama peserta didik melakukan praktikum nyata terlebih dahulu dan membandingkan datanya melalui simulasi PhET. Setelah itu guru meminta peserta didik untuk melakukan praktikum secara mandiri terbimbing dalam kelompok bekerja dan belajar. Hasil ini berdampak pada konsentrasi peserta didik, penggunaan media yang terintegrasi dan mendorong peserta didik untuk melakukan kolaborasi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Srilistari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.